Selasa, 21 April 2015

Fungsi Rumus HLOOKUP di Microsoft Excel 2013

Rumus HLOOKUP adalah formula excel yang berfungsi untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar atau horisontal. Syarat dalam penyusunan tabel, data harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar/menaik. Misalnya urutan angka ... -2, -1, 0, 1, 2... atau huruf A-Z dan sebaliknya. Jika kamu terlanjur menyusun data secara acak, urutkan data dengan mengaktifkan menu DATA SORT dan pilihlah Ascending.

FUNGSI HLOOKUP MICROSOFT EXCEL 2013

=HLOOKUP(LOOKUP_VALUE;TABLE_ARRAY;ROW_INDEX_NUM)

Rumus HLOOKUP sangat berguna untuk digunakan menentukan kategori suatu data berdasarkan kriteria yang telah dibuat sebelumnya, jika kamu adalah seorang admint di sebuah sekolah dan sedang menyusun daftar nilai yang menyatakan keterangan pada nilai siswa, maka kamu perlu mempelajari ini, untuk lebih mudah, coba perhatikan contoh dibawah ini.

CONTOH:

Dari hasil ujian yang telah dilaksanakan SD Bunga Desa, telah menghasilkan nilai hasil ujian dari masing-masing siswa, tentukan keterangan dari nilai tersebut dengan kriteria,

  • - Jika nilai siswa antara 01 - 59 = Nilai dalam huruf E dan dinyatakan GAGAL
  • - Jika nilai siswa antara 60 - 72 = Nilai dalam huruf D dan dinyatakan MENGULANG
  • - Jika nilai siswa antara 73 - 84 = Nilai dalam huruf C dan dinyatakan CUKUP
  • - Jika nilai siswa antara 85 - 94 = Nilai dalam huruf B dan dinyatakan BAIK
  • - Jika nilai siswa antara 95 - 100 = Nilai dalam huruf A dan dinyatakan MEMUASKAN

JAWAB:

Dari contoh diatas, mari kita buat table kriteria berdasarkan syarat yang telah di tentukan diatas, hasilnya seperti dibawah ini:

Dari keterangan saya diatas kira-kira ada yang belum dipahami? jika belum cobalah untuk memahami sifat-sifat rumus diatas dengan cara kamu sendiri, atau kalau masih belum jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Rumus HLOOKUP di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang belum dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar dibawah.