Sabtu, 18 April 2015

Fungsi Rumus AVERAGE di Microsoft Excel 2013

Cara Menggunakan Rumus AVERAGE di Microsoft Excel 2013. Rumus AVERAGE merupakan formula di Microsoft Excel 2013 yang digunakan untuk menghasilkan nilai rata-rata (mean) pada sekumpulan data yang terdapat pada suatu range, rumus ini termasuk ke dalam golongan formula Statistica, namun seringkali digunakan oleh para pengguna Excel.

FUNGSI RUMUS AVERAGE (RATA-RATA)

Kedudukan AVERAGE hampir sama dengan rumus SUM, artinya frequensi penggunaanya sangat sering, sehingga pihak pengembang menempatkan AVERAGE ke dalam Autosum (sekali klik jadi) sama seperti SUM, IF, COUNT, MAX, MIN dan lainnya. Baca cara menggunakan rumus SUM di microsoft excel melalui link di bawah ini:

Cara Menggunakan Rumus SUM di Microsoft Excel 2013

Secara default rumus average ditulis seperti ini =AVERAGE(NUMBER1;NUMBER2;...) atau =AVERAGE(X:X), perhatikan contoh di bawah ini

CONTOH:

Carilah nilai rata-rata dari table daftar gaji karyawan di bawah ini


Note: nilai 985.000 berada di cell A3

Dari tabel di atas kita dapat mencari nilai rata-rata dengan cara seperti ini

=AVERAGE(A3:E3) atau =AVERAGE(985000;1200000;1350000;1500000;2000000)

sehingga menghasilkan table seperti ini


Mudah bukan, dari rumus di atas sepertinya lebih mudah dengan menggunakan rumus yang pertama bukan. ok selamat mencoba sobat.

Demikian artikel Cara Menggunakan Rumus AVERAGE di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat bagi kalian semua, jika ada yang kurang dipahami silakan bertanya di kolom komentar, terima kasih.