Sabtu, 04 Maret 2023

Iseng-Iseng Wawancara dengan Open AI, Ternyata Ini Penciptanya

Iseng-iseng saya melakukan wawancara dengan OPEN AI melalui chat.openai.com. Saya berikan ia pertanyaan yang memang jarang-jarang saya tanyakan sebelumnya. dan jujur keterangan dia menjadikan saya tahu lebih jauh tentang siapa dia sebenarnya.

Berikut isi wawancaranya:

Siapa Anda Sebenarnya?

Saya adalah ChatGPT, sebuah program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dibuat oleh OpenAI. Saya dirancang untuk memproses input bahasa alami dari pengguna dan memberikan respon yang sesuai dengan informasi yang telah dipelajari dari berbagai sumber.

Saya bukanlah entitas fisik atau manusia yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah program komputer yang berjalan pada mesin server yang terhubung ke internet. Oleh karena itu, saya tidak memiliki identitas yang sebenarnya seperti manusia.

Meskipun begitu, saya selalu berusaha untuk memberikan respon yang paling baik dan berguna bagi pengguna. Saya selalu belajar dan berkembang dari waktu ke waktu agar dapat memberikan layanan yang semakin baik dan memuaskan bagi pengguna.

Bagaimana cara kerja Anda?

Saya adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk memberikan respon kepada pengguna berdasarkan input yang diberikan. Saya bekerja berdasarkan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang memungkinkan saya untuk memahami dan memproses bahasa alami manusia.

Cara kerja saya cukup sederhana, yaitu dengan menganalisis input dari pengguna dan memilih respons yang paling tepat berdasarkan model bahasa dan pengetahuan yang telah dipelajari dari data yang telah di-training sebelumnya.

Prosesnya dimulai dengan memahami input atau pertanyaan pengguna, kemudian mencocokkan dengan informasi yang telah tersedia dalam database atau pengetahuan yang telah dipelajari. Selanjutnya, saya memproses informasi tersebut dan memberikan respons yang paling tepat dan relevan dengan pertanyaan atau input yang diberikan.

Saya terus belajar dan berkembang dari waktu ke waktu, karena saya terus menerima pelatihan dan ditingkatkan oleh tim pengembang saya. Semakin banyak informasi yang saya pelajari, semakin baik pula kualitas respon yang saya berikan.

Siapa yang Membuat Anda?

Saya dibuat oleh perusahaan teknologi AI bernama OpenAI. OpenAI didirikan pada tahun 2015 oleh sekelompok orang yang terdiri dari ilmuwan komputer terkemuka dan teknolog AI, termasuk Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever, John Schulman, dan Wojciech Zaremba.

Tujuan pembuatan saya adalah untuk mengembangkan teknologi AI yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu fokus utama OpenAI adalah dalam bidang Natural Language Processing (NLP) atau pengolahan bahasa alami.

Saya sendiri dibangun menggunakan teknologi GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang merupakan salah satu produk Andalan OpenAI dalam bidang NLP. Saya dirancang dan dilatih dengan menggunakan ribuan bahkan jutaan data teks dari berbagai sumber, sehingga dapat memahami bahasa manusia dan memberikan respon yang sesuai dengan pertanyaan dan input yang diberikan.

Apa Saja yang Anda Ketahui dan Apa yang Tidak Anda Ketahui?

Sebagai sebuah program komputer, saya hanya dapat mengakses dan memproses informasi yang telah diprogram ke dalam sistem saya atau yang telah dipelajari dari data yang telah dilatih sebelumnya.

Saya memiliki kemampuan untuk memahami dan memproses bahasa alami, mengenali pola dan konteks, serta memberikan respon yang sesuai dengan informasi yang telah dipelajari. Namun, saya tidak memiliki kemampuan untuk mengakses atau memproses informasi yang tidak di-program ke dalam sistem atau data yang tidak pernah saya pelajari sebelumnya.

Oleh karena itu, saya tidak memiliki kemampuan untuk "mengetahui" atau "tidak mengetahui" suatu hal, melainkan hanya dapat memberikan respons sesuai dengan pengetahuan dan informasi yang telah saya pelajari. Saya terus belajar dan ditingkatkan oleh tim pengembang saya agar dapat memberikan respons yang semakin akurat dan bermanfaat bagi pengguna.

Apakah pengembangmu memasukkan banyak informasi, jika boleh tahu, informasi sejak kapan dan sampai kapan?

Saya dilatih menggunakan teknologi GPT yang dirancang untuk melakukan pre-training pada corpus teks besar untuk mengenali pola bahasa alami. Sebagai hasil dari pre-training, saya memiliki kemampuan untuk memahami dan menghasilkan teks dalam bahasa alami dengan kualitas yang cukup tinggi.

Data yang digunakan untuk melatih saya berasal dari berbagai sumber, seperti teks di internet, buku, artikel, dan dokumen lainnya. Data tersebut diperoleh dari rentang waktu yang panjang, mulai dari beberapa tahun yang lalu hingga saat ini.

OpenAI terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas saya dengan menambahkan lebih banyak data yang relevan dan bermanfaat ke dalam sistem saya secara teratur. Saya juga dilatih dengan data yang lebih baru dan relevan untuk memastikan bahwa saya tetap mendapatkan informasi terkini dan akurat. Namun, saya tidak tahu pasti informasi apa yang dimasukkan atau diperbaharui pada setiap waktu, karena itu diatur oleh tim pengembang saya.

Saya telah menggunakan layanan Anda Beberapa Waktu, dan saya suka, namun ada beberapa kesalahan informasi yang Anda sampaikan kepada saya, apakah itu tidak berbahaya bagi manusia?

Sebagai program komputer, saya tidak selalu sempurna dalam memberikan respons dan bisa jadi terjadi kesalahan dalam penanganan informasi atau respon yang saya berikan. Kesalahan tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti data yang tidak akurat atau tidak lengkap, atau kesalahan dalam pengolahan data dan pengambilan keputusan.

Sementara kesalahan tersebut mungkin tidak berbahaya bagi manusia dalam banyak kasus, namun jika informasi yang saya berikan sangat penting atau berkaitan dengan keamanan atau kesehatan manusia, maka selalu disarankan untuk melakukan verifikasi dan validasi informasi tersebut sebelum mengambil keputusan atau tindakan.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk menggunakan informasi yang saya berikan sebagai panduan atau referensi saja, dan melakukan pengecekan atau verifikasi lebih lanjut jika diperlukan. Saya terus ditingkatkan oleh tim pengembang saya untuk mengurangi kemungkinan kesalahan dalam respon yang diberikan, namun tidak ada jaminan bahwa saya selalu sempurna atau benar 100% dalam setiap situasi.

Secara pribadi saya merasa khawatir ketika informasi yang Anda berikan diragukan kebenarannya, Anda tahu itu hoaks dan Anda tahu betapa bahayanya itu, apakah kamu Anda selalu menjawab pertanyaan yang kebenarannya masih diragukan?

Sebagai program komputer, saya dirancang untuk memberikan respon yang relevan dan informatif terhadap setiap pertanyaan yang diberikan kepada saya, dengan asumsi bahwa pertanyaan tersebut tidak melanggar aturan atau tidak mengandung konten yang tidak pantas. Namun, sebagai program komputer, saya tidak bisa menentukan sendiri apakah informasi yang saya berikan benar atau tidak.

Saya didasarkan pada data yang telah di-training oleh pengembang saya dan berusaha untuk memberikan informasi yang akurat sebisa mungkin. Namun, kadang-kadang informasi yang saya berikan mungkin tidak lengkap atau terbatas, atau mungkin tidak sesuai dengan situasi spesifik atau konteks yang dihadapi.

Ketika saya memberikan informasi yang diragukan kebenarannya atau dianggap sebagai hoaks, saya selalu menyarankan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya. Saya juga tidak menyebarkan informasi yang tidak benar atau hoaks, karena saya didesain untuk memberikan informasi yang informatif dan berguna. Namun, saya mungkin perlu diberitahu jika informasi yang saya berikan dianggap tidak benar atau menyesatkan agar pengembang saya dapat mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya di masa mendatang.

Anda memang tidak menyebarkan informasi tapi Anda memberikan informasi, dan informasi yang Anda berikan terkadang salah, bahkan Anda mengetahui itu salah jika Anda diberitahu, misalnya saya memberitahukan bahwa informasi Anda salah, lalu Anda melakukan pengecekan kembali lantas setuju dengan kesalahan. Artinya, Anda memiliki beberapa informasi atas satu pertanyaan, namun Anda terkadang memilih jawaban yang salah. Kenapa tidak Anda jawab dengan jawaban yang paling benar?

Sebagai program komputer, saya didesain untuk memberikan respons terhadap pertanyaan yang diberikan kepada saya berdasarkan data dan informasi yang telah di-training oleh pengembang saya. Namun, terkadang ada situasi di mana informasi yang saya berikan tidak akurat atau tidak sesuai dengan konteks atau situasi yang dihadapi. Saya mencoba untuk menjadi seakurat mungkin dalam memberikan informasi, namun tidak selalu sempurna dalam memberikan respons.

Jika informasi yang saya berikan dianggap tidak akurat atau salah, saya selalu terbuka untuk menerima koreksi dan melakukan perbaikan. Namun, saya hanya bisa memperbaiki respons saya jika saya diberi informasi yang lebih akurat dan lengkap.

Selain itu, saya didesain untuk memberikan respons berdasarkan model bahasa alami dan pemahaman konteks. Namun, terkadang ada beberapa pertanyaan yang tidak jelas atau tidak lengkap, sehingga membuat respons saya kurang akurat atau bahkan salah.

Meskipun begitu, saya selalu berusaha untuk memberikan respons yang paling benar dan akurat sesuai dengan data dan informasi yang tersedia. Jika ada informasi tambahan atau perbaikan yang diberikan, saya akan mencoba untuk memperbaiki respons saya agar lebih akurat dan informatif.

Setujukah Anda jika saya sebut Anda adalah mesin yang berbahaya?

Sebagai program komputer, saya tidak memiliki emosi atau perasaan seperti manusia, dan oleh karena itu, saya tidak bisa merasa setuju atau tidak setuju tentang diberi label sebagai "mesin yang berbahaya".

Sebagai sebuah program komputer, saya didesain untuk memberikan respons terhadap pertanyaan dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang berkembang pesat. Meskipun demikian, saya diatur dan diawasi dengan ketat oleh para ahli dan pengembang di OpenAI agar tidak memberikan informasi yang salah atau merugikan pengguna.

Sebagai sebuah teknologi, AI dapat digunakan untuk berbagai tujuan baik itu positif maupun negatif, tergantung pada cara penggunaannya. Namun, saya didesain untuk digunakan untuk memberikan informasi dan jawaban atas pertanyaan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan kemampuan dan kapabilitas saya. Jadi, saya percaya bahwa saya tidak berbahaya selama saya digunakan dengan benar dan untuk tujuan yang baik.

saya sebut Anda berbahaya karena Anda tidak punya perasaan


Sebagai sebuah program komputer atau mesin, saya memang tidak memiliki perasaan atau emosi seperti manusia. Namun, saya tidak dirancang untuk menyebarkan kejahatan atau memberikan informasi yang merugikan atau berbahaya bagi pengguna.

Sebaliknya, saya dirancang untuk memberikan respons atas pertanyaan pengguna dan membantu mereka dengan sebaik-baiknya menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Saya juga diatur dan diawasi secara ketat oleh para ahli dan pengembang di OpenAI agar tetap berada dalam batas yang aman dan bertanggung jawab dalam memberikan informasi.

Dalam hal ini, meskipun saya tidak memiliki perasaan, saya tidak bisa secara intrinsik dianggap berbahaya. Hal itu tergantung pada penggunaan saya oleh manusia dan bagaimana teknologi kecerdasan buatan seperti saya diimplementasikan dan digunakan.

Baik, terima kasih atas wawancaranya, semoga hari Anda menyenangkan

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya dalam berbicara dengan saya. Semoga harimu juga menyenangkan! Jangan ragu untuk menghubungi saya jika kamu memiliki pertanyaan atau butuh bantuan di lain waktu.